Better Way To The Future


    GP Malaysia Sepang

    Share

    Yota V
    Admin's
    Admin's

    Male Number of posts : 107
    Location : Bogor
    Collage * : Your Collage Now
    Registration date : 2008-09-23

    default GP Malaysia Sepang

    Post by Yota V on Tue Oct 14, 2008 4:16 pm

    GP Malaysia

    Kimi Is Back!

    Sepang - Kimi Raikkonen langsung bereaksi atas kegagalan di GP Australia pekan lalu. Tampil dominan, jagoan Ferrari itu menjadi juara di GP Malaysia untuk kembali ke jalur kemenangan.

    Memulai balapan di posisi dua, Kimi nyaris tak tersentuh sepanjang balapan. Keluarnya Felippe Massa di tengah race mempermudah sang juara meraih kemenangan pertamanya musim ini, sekaligus membayar kegagalan di seri pertama lalu.

    Setelah menempatkan Nick Heidfeld pada posisi kedua di Albert Park, kali ini BMW kembali menempatkan pembalapnya menjadi runner up melalui Robert Kubica. Pembalap Polandia itu sukses mengungguli Heikki Kovalainen yang menempati podium terakhir.

    Hasil kurang menggembirakan didapat Lewis Hamilton. Setelah mendapat penalti lima grid dan sempat bermasalah di pit, pembalap McLaren Mercedes itu harus puas duduk di posisi lima. Satu posisi di belakang Jarno Trulli sebagai penghuni posisi empat.

    Hasil GP Malaysia ini belum mengubah klasemen pembalap. Dengan poin 14 Hamilton masih berada di posisi teratas diikuti Kimi dan Nick Heidfeld yang sama-sama mengumpulkan 11 poin.

    Jalannya Balapan

    Di Sirkuit Sepang, Minggu (24/3/2008), duo Ferrari yang menempati grid terdepan melakukan start dengan sempurna. Massa yang menempati pole justru sempat bertarung wheel to wheel dengan Kimi sebelum akhirnya pembalap Brasil berada di depan rekannya saat memasuki tikungan pertama.

    Juga memulai balapan dengan sangat baik adalah Hamilton yang langsung merangsek ke posisi enam setelah memulai balapan dari posisi sembilan, sementara Kovalainen cuma naik satu strip ke posisi tujuh. Tak sampai satu lap, Hamilton kembali naik satu strip ke urutan lima untuk menempel dengan ketat Mark Webber.

    Sebastien Bourdais menjadi pembalap yang pertama out saat balapan baru berusia lima lap. Satu putaran berselang gantian mantan juara GP2, Timo Glock yang tak mampu menyelesaikan balapan.

    Tak banyak perubahan terjadi saat race memasuki lap 10 dengan Massa masih memimpin diikuti Kimi di posisi dua dan berturut-turut di belakangnya Jarno Trulli serta Webber. Jika Massa melesat di posisi terdepan, Hamilton justru agak tercecer dengan tertinggal 16 detik. Catatan waktu Hamilton di setiap lap lebih lambat dalam rentan satu detik dibanding Massa.

    Tak kunjung mampu menyalip Webber, usaha Hamilton untuk masuk posisi empat besar akhirnya tercapai setelah pembalap Asutralia itu menjadi yang pertama yang masuk pit di lap 16.

    Di putaran 17 gantian Massa yang ganti masuk pit yang membuat Kimi memimpin balapan. Tapi "Si Manusia Es" tak bertahan lama karena satu lap berselang gantian dia masuk pit. Dengan catatan waktu pit yang lebih cepat, sang juara dunia mampu berada di depan rekan timnya saat kembali ke lintasan.

    Bencana buat Hamilton dimulai saat dia masuk pit di lap 19. Sempat terjadi masalah saat kru McLaren berusaha memasang ban depan bagian kanan di mobil Hamilton, itu membuat dia harus menghabiskan 19,9 detik di pit. Posisinya pun melorot ke urutan 11 saat kembali ke lintasan.

    Robert Kubica sempat memimpin balapan di lap 20, namun itu tak bertahan lama karena dia harus membawa F1.08 miliknya menambah bahan bakar. Posisi lima besar selepas lap 20 berturut-turut diisi Raikkonen, Massa, Fernando Alonso, David Coulthard dan Kubica.

    Stabil menguntit Kimi di posisi dua dan tampil cukup meyakinkan, Massa justru harus pensiun dini dari balapan. F2008 miliknya keluar dari trek di lap 30 yang memaksanya kembali gagal finish, di Australia pekan lalu mobilnya mogok.

    Setelah masuk pit untuk kali kedua di lap 44, Hamilton mampu berada di posisi lima di depan Nick Heifeld. Sementara posisi empat pembalap di depannya belum berubah dengan Kimi, Kubica, kovalainen, Jarno Trulli.

    Di 12 lap terakhir terakhir tak ada perubahan terjadi di posisi lima besar. Memasuki lap-lap final Hamilton memang sempat memberi tekanan berat pada Trulli dan memangkas jarak yang sebelumnya mencapai enam detik menjadi dalam kisaran satu detik, namun saat menyentuh garis finish Hamilton tetap harus puas mendapat tambahan lima angka.

    Hasil GP Malaysia
    1 Kimi Raikkonen Ferrari 1:31:18.555 2
    2 Robert Kubica BMW 19.570 2
    3 Heikki Kovalainen McLaren 38.450 2
    4 Jarno Trulli Toyota 45.832 2
    5 Lewis Hamilton McLaren 46.548 2
    6 Nick Heidfeld BMW 49.833 2
    7 Mark Webber Red Bull 1:08.113 2
    8 Fernando Alonso Renault 1:10.041 2
    9 David Coulthard Red Bull 1:16.220 2
    10 Jenson Button Honda 1:26.2 2
    11 Nelsinho Piquet Jr Renault 1:32.2 2
    12 Giancarlo Fisichella Force India *at 1 lap 2
    13 Rubens Barrichello Honda *at 1 lap 3
    14 Nico Rosberg Williams *at 1 lap 2
    15 Anthony Davidson Super Aguri *at 2 laps 2
    16 Takuma Sato Super Aguri *at 1 lap 2
    17 Kazuki Nakajima Williams *at 2 laps 2
    18 Sebastien Vettel Toro Rosso *out 1
    19 Felipe Massa Ferrari *out 1
    20 Adrian Sutil Force India *out 0
    21 Timo Glock Toyota *out 1
    22 Sebastien Bourdais Toro Rosso *out 0

      Current date/time is Sat Dec 10, 2016 12:25 am